Selasa, 17 November 2009

skenario powerpoint

Skenario Pembelajaran Geografi SMA kelas X
(untuk powerpoint)


Tema : Menjelaskan sejarah pembentukan Bumi
 Membuat deskripsi bumi secara sederhana dengan mengimajinasikan ke dalam bentuk alat peraga berupa ruangan. Misalnya dengan mensetting ruangan dengan gambar-gambar alami, terutama yang berwana hijau. Dengan demikian diharapkan siswa akan terbawa pada suasana yang sedang dipelajari.
 Membuat slide yang berhubungan dengan kehidupan di bumi misalnya dengan menampilkan gambar alam, kehidupan manusia, maupun hewan.
 Kemudian melengkapi slide dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan sub pokok bahasan ini, antara lain :
1. Proses terbentuknya bumi, yaitu dengan memberikan efek animasi awal penciptaan bumi misalnya teori big-bang, pasang surut, proto planet, dan lain-lain. Selain itu pada slide juga disertakan efek warna oranye atau kuning dimana hal yang tersebut menandai bahwa proses terbentuknya bumi disertai dengan adanya cahaya.
2. Karakteristik perlapisan bumi. Dalam sub bahasan ini slide akan dilengkapi dengan gambar-gambar lapisan bumi dari permukaan atas hingga inti bumi yang terdiri dari kerak bumi(crusth), astenosfir, mantel,dan inti bumi(core). Dalam penyajiannya, warna slide diberikan warna agak sejuk misalnya abu-abu atau biru pupus agar tayangan slidenya sesuai dengan karakter dalam bumi yang kalem dan oportunis.
3. Teori lempeng tektonik, yaitu dengan memberikan animasi maupun gambar-gambar yang berkaitan misalnya animasi pergerakan lempeng, animasi gempa bumi, gambar retakan/rekahan, gambar akibat gempa bumi, ataupun video proses terjadinya gempa bumi. Dalam penyajiannya, warna slide juga sama seperti slide sebelumnya yaitu biru pupus atau abu-abu pupus.
4. Menganalisis sejarah perkembangan muka bumi. Yaitu dengan menampilkan slide gambar atau animasi tentang Pangea, gondwana, dsb.
 Alokasi waktu untuk tiap kali pertemuan adalah 1 x 40 menit.
 Berikut ini adalah materi yang disajikan.
• Proses terjadinya bumi
• Karakteristik perlapisan bumi
• Teori lempeng tektonik
• Theori pangaea / theori Weggener








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar